Mata Kuliah Kualitas Pelayanan Jaringan pada Jaringan Multimedia adalah mata kuliah yang memberikan pengalaman dalam menjaga kulitas layanan pada jaringan multimedia. Jaringan komputer saat ini tidak hanya digunakan untuk pengiriman data teks namun semakin banyak pada data multimedia yang membutuhkan layanan baik. Mata kuliah ini akan mendiskusikan terkait konsep kualitas pelayanan (QoS) dan metodenya, Network Management untuk mengelola jaringan agar memiliki layanan yang baik. Setelah pertengahan semester pembicaraan akan dilanjutkan dengan masalah kepadatan jaringan dan metode pengelolaannya dan diakhiri dengan analisis paket data.

Mata Kuliah ini membekali mahasiswa untuk mengetahui konsep, prinsip dan tahapan serta implementasi dalam melakukan pemodelan dan simulasi. Berbagai model dan metode juga akan dibahas yaitu antara lain metode Monte Carlo, Model antrian, dan model dalam membangkitkan bilangan random. Beberapa studi kasus yang diberikan dalam mata kuliah ini diharapkan memberikan gambaran yang lebih realistik dalam melakukan tahapan pemodelan dan simulasi. Sehingga setelah mengikuti perkuliahan diharapkan mahasiswa memiliki mampu bersikap sebagai seorang yang profesional melalui penguasaan dan kemampuan implementasi pemodelan dan simulasi. Implementasi pembelajaran mata kuliah ini menggunakan pendekatan ekspositori dalam bentuk ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pembelajaran mandiri menggunakan berbagai media dan fasiltas seperti LCD projector, video, dan e-learning. Melali pendekatan inquiri akan diarahkan untuk penyelesaian tugas penyusunan dan penyajian karya tulis ilmiah, mengulas buku dan jurnal ilmiah, diskusi dan penyelesaian masalah, serta kajian mandiri. Ketercapaian panguasaan materi di evaluasi melalui beberapa quiz yang yang terencana dan spontan, tugas rumah individu dan tugas kelompok langsung di sampaikan di kelas atau melalui forum tugas di e-learning, diskusi dan presentasi, ujian tengah semester dan ujian akhir semester.

Praktikum Jaringan Komputer dan Komunikasi Data

Kelas A dan B

Dosen: I Dewa Made Bayu Atmaja Darmawan

Mata kuliah Algoritma dan Pemrograman akan dilaksanakan dengan metode Student Centered Learning berbasis Elearning. Pembelajaran dilakukan dengan Flipped Classroom dimana seluruh materi pembelajaran dilakukan oleh mahasiswa sebelum pertemuan tatap muka. Pertemuan tatap muka dilakukan dengan Activity Learning dengan pendekatan Problem Based Learning.

Mata Kuliah ini akan berbicara bagaimana mendesain algoritma yang baik, dan bagaimana cara mengukurnya. Representasi algoritma dalam bentuk Pseudocode dan Flowchart akan dibahas pada mata kuliah ini, sampai implementasi menggunakan Bahasa Pemrograman C.

Mata kuliah ini mempelajari dasar-dasar riset pemasaran sebagai landasan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa yang tertarik untuk melakukan riset pemasaran. Tahap-tahap riset pemasaran yang dipelajari pada mata kuliah ini mulai dari materi penetapan masalah riset; penentuan desain riset; metode pengumpulan data; penentuan desain pertanyaan, skala, dan alat analisis; perluasan skala dalam riset pemasaran; metode pengambilan sampel; proposal riset pemasaran; pengumpulan data; pengeditan, pengodean, dan input data; analisis dan penginterpretasian hasil riset; dan penyajian laporan riset. Pada mata kuliah ini, secara terbimbing mahasiswa akan dituntun untuk dapat menerapkan tahap-tahap riset pemasaran untuk menyusun suatu proposal riset, mengaplikasikan praktik riset pemasaran untuk menyelesaikan masalah-masalah riset pemasaran, melakukan pengumpulan data dan analisis, dan kemudian menyajikannya dalam suatu laporan riset pemasaran.