Mata kuliah Japanese Ideology membahas mengenai konsep, nilai, dan pemikiran yang dianut masyarakat Jepang

Mata kuliah Shokyuu Hyouki (2 SKS) merupakan mata kuliah pengantar bagi mata kuliah menulis huruf Jepang tingat dasar menengah (Shochuukyuu Hyouki). Mata kuliah ini memperkanalkan keterampilan membaca dan menulis, Huruf Jepang (Kana dan Kanji), Serta memahami makna dan penggunaan 250 huruf kanji tingkat dasar.

Mata kuliah Nijon Jijo merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman mengenai geografi, demografi, dan produk kebudayaan tradisional serta kontemporer di Jepang



Mata kuliah Manusia dan Kebudayaan Indonesia (MKI) ini merupakan mata kuliah wajib fakultas di lingkungan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Udayana (UNUD). Mata kuliah ini bersifat unik, memiliki potensi keunggulan sehingga diharapkan dapat menjadi icon atau branding FIB UNUD untuk mengangkat keunggulan dan dapat diintegrasikan dalam proses Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dengan mengikuti mata kuliah ini, para mahasiswa akan mempelajari dinamika manusia dan kebudayaan Indonesia dari masa prasejarah sampai era global dewasa ini yang mencakup keberadaan manusia Nusantara pertama (homo erectus) hingga manusia modern (homo sapiens) di Indonesia. Kajian bahasa dan budaya Austronesia, kontak bangsa dan etnik Nusantara dengan bangsa luar, kehadiran dan dinamika agama-agama di Indonesia, falsafah Bhineka Tunggal Ika, kolonialisme, nasionalisme, polemik dan politik kebudayaan, pariwisata, hingga peran media massa dalam proses formasi lanskap budaya Indonesia. Setelah mengikuti mata kuliah ini, para mahasiswa diharapkan akan mampu menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan kebenaran akademik, memiliki kepekaan yang tinggi terhadap nilai-nilai budaya lokal, tradisi, dan praktek-praktek kehidupan yang hidup di dalam masyarakat dalam rangka mendukung pembangunan yang berkelanjutan, serta mampu menggali dan mengembangkan nilai-nilai budaya lokal untuk dijadikan puncak-puncak kebudayaan nasional dan global.

Mata kuliah Nihon Shakai (Masyarakat Jepang) merupakan mata kuliah yang membahas konstruksi budaya dan struktur hubungan sosial dalam kehidupan masyarakat Jepang kontemporer. Ruang lingkup mata kuliah Nihon Shakai meliputi identitas masyarakat Jepang dalam perspektif sejarah dan mitos, sistem keluarga, nilai kelompok, pola interaksi dan relasi sosial, pola komunikasi, peran gender, sistem pendidikan, agama dalam kehidupan masyarakat Jepang kontemporer, kelompok minoritas, serta lansia dan jaminan sosial.

Mata kuliah ini memberikan mahasiswa pengetahuan untuk mengerti dan memahami norma yang harus ditaati ketika berhadapan dengan orang Jepang. Memahami perbedaan budaya dan kebiasaan masyarakat Jepang dengan Indonesia.  Memiliki wawasan dan mengerti permasalahan sosial yang terjadi pada masyarakat Jepang dan cara memecahkan masalah tersebut.