Nihon Bungaku Nyuumon merupakan mata kuliah pengantar bagi mata kuliah kesusastraan Jepang (Nihon Bungaku no Bunseki dan Shi to Geki no Bunseki). Mata kuliah ini membahas mengenai pembabakan kesusastraan Jepang secara umum, membahas karya-karya sastra yang palig terkenal dan mewakili jamannya. Kaitannya dengan kompetensi lulusan PS yang telah ditetapkan, mata kuliah ini mendukung kompetensi lulusan untuk mengetahui dan memahami khasanah kesusastraan Jepang. Sehingga mampu mengapresiasi dan menelaaah kesusastraan Jepang.


Mata kuliah Nihon Shakai (Masyarakat Jepang) merupakan mata kuliah yang membahas konstruksi budaya dan struktur hubungan sosial dalam kehidupan masyarakat Jepang kontemporer. Ruang lingkup mata kuliah Nihon Shakai meliputi identitas masyarakat Jepang dalam perspektif sejarah dan mitos, sistem keluarga, nilai kelompok, pola interaksi dan relasi sosial, pola komunikasi, peran gender, sistem pendidikan, agama dalam kehidupan masyarakat Jepang kontemporer, kelompok minoritas, serta lansia dan jaminan sosial.

Mata kuliah ini memberikan mahasiswa pengetahuan untuk mengerti dan memahami norma yang harus ditaati ketika berhadapan dengan orang Jepang. Memahami perbedaan budaya dan kebiasaan masyarakat Jepang dengan Indonesia.  Memiliki wawasan dan mengerti permasalahan sosial yang terjadi pada masyarakat Jepang dan cara memecahkan masalah tersebut.


Mata kuliah Shokyuu Hyouki (2 SKS) merupakan mata kuliah pengantar bagi mata kuliah menulis huruf Jepang tingat dasar menengah (Shochuukyuu Hyouki). Mata kuliah ini memperkanalkan keterampilan membaca dan menulis Huruf Jepang (Kana dan Kanji), memahami makna dan penggunaan 250 huruf dan kanji tingkat dasar dalam kalimat sederhana.

SAJ1204KU

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan dari Mata Kuliah Shochuukyuu Hyouki. Mata kuliah ini mempelajari 1000 Kanji tingkat Menengah. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menggunakan dan menganalisis 1000 kanji berdasarkan grup, arti, jenis kata, dan cara bacanya agar dapat menggunakannya dalam kalimat sederhana.

SAJ1216KU